Star Glam Jogja :

Habiskan Liburan, Naik Lokomotif Tua Berkeliling Pabrik Gula Madukismo

#

Source: sejarahone.id

Pabrik Gula Madukismo adalah satu-satunya pabrik gula dan alkohol/spirtus di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pabrik yang sudah ada sejak tahun 1955 ini merupakan salah satu penyokong dalam kesuksesan gerakan pangan Nasional. Bukan hanya pabrik, tempat ini memiliki nilai historis dan sekarang dijadika  sebagai tempat wisata. 

Pabrik Gula Madukismo berada di Desa Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Pabrik ini sudah berdiri sejak lama dan berbentuk perseroan terbatas atau PT yang diberi nama PT. Madu Baru. Pabrik ini terbagi menjadi dua yaitu pabrik gula dan labrik alkohol/spirtus. 

Memasuko area pabrik, kamu yang mengunjungi tempat ini akan mendapatkan suasana era industrial tempo lalu. Halaman luas, bangunan tua, dan rel-rel yang turut melengkapi pabrik, memberikan kesan klasik tersendiri. Tidak hanya itu, mesin-mesin kuno juga masih terpajang rapi di sana. 

Pengunjung bisa menikmati pabrik gula tempo dulu dengan menaiki gerbong kereta yang masih menggunakan mesin kuno buatan Jerman. Kereta itu akan membawa pengunjung mengitari areal pabrik hingga permebunan yang ada di sekitarnya. Sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan. 

Pada waktu-waktu tertentu, pengunjung bisa melihat langsung bagaimana proses pembuatan gula. Proses itu benar-benar dari awal, mulai dari pemerahan nira untuk mendapatkam sarinya, pemurnian nira melalui sulfitasi, penguapan, kristalisasi, puteran gula, serta pengemasan. Jarang-jarang bisa melihat langsung pembuatan gula dari awal sampai akhir menggunakan mesin-mesin tua. 

Keluar dari area pabrik gula, pengunjung akN   menemukan pabrik alkohol/spirtus. Pabrik ini juga dibangun pada tahun yang sama dengan pabrik gula. Di sini, pengunjung juga bisa melihat pembuatan spirtus dari awal hingga akhir. 

Jam buka wisata pabrik ini ada dua macam. Pertama, setiap hari Senin hingga Kamis pukul 8 pagi sampai 3 sore. Selanjutnya Hari Jumat dan Sabtu hanya sampai pukul 12 siang. Harga tiketnya Rp 7.000 jika ada 40 peserta rombongan.

COMMENTS: (0)

Post You May Like