Star Glam Jogja :

Menilik Kehidupan di Kantong Parkir Ngabean, Yogyakarta

#

Source: krjogja.com

Bukan rahasia lagi, kalau Yogyakarta adalah lokasi yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Jadi, tidak heran kalau di daerah ini ada banyak kantong-kantong parkir. Salah satunya adalah Kantong Parkir Ngabean. Tidak hanya untuk tempat pemberhentian bus, Kantong Parkir Ngabean ternyata punya fungsi lain. 

Kantong Parkir Ngabean ini terletak cukup strategis di tengah kota. Tepatnya ada di persimpangan dekat Hotel Cavinton. Kantong parkir ini adalah tempat berhentinya bus-bus wisatawan dari luar Yogyakarta. Biasanya, wisatawan yang berhenti di sini akan melakukan perjalanan ke kawasan Malioboro dan Kraton Yogyakarta. 

Kantong Parkir Ngabean bukan hanya sekedar kantong parkir yang akan menjadi persinggahan bus-bus wisata sementara. Tempat ini ternyata menjadi tempat beberapa atau banyak orang menggantungkan hidup. Begitu krusialnya kantong parkir ini, bukan hanya dalam hal fasilitas semata. 


Source: pariwisata.jogjakota.go.id

Di tempat ini, terdapat banyak elemen pendukung yang menjadikannya semakin ramai dan semarak. Di sekitar Kantong Parkir Ngabean, terdapat kios-kios yang menjajakan barang dagangan. Ada kios oleh-oleh, tempat makan, hingga menyediakan makanan ringan. Lalu, ada tukang becak yang siap mengantar wisatawan. Ada pula pengelola shuttle Thole yang biasanya akan membantu wisatawan untuk memutari sekitar Kraton Yogyakarta. 

Lantai dua Kantong Parkir Ngabean dimanfaatkan untuk beberapa usaha kuliner. Area ini difasilitasi dengan meja serta tempat lesehan. Wisatawan maupun masyarakat sekitar bisa bebas datang kemari. Tempat ini diberi nama Rooftop Ngabean. 

Rooftop Ngabean buka setiap hari sejak pukul 5 sore sampai 9 malam. Paling ramai ketika bulan puasa datang karena banyak yang mencari takjil. Dari sini, pengunjung bisa menikmati lalu lintas Kota Yogyakarta serta senja yang hadir. 


Source: mepsus.net

Sayangnya, Kantor Parkir Ngabean sempat tutup beberapa waktu karena pandemi yang datang. Hal ini tentu menjadi suatu pukulan berat bagi masyarakat yang menggantungkan hidup di sana. Meskipun, pernah buka sejenak, tapi kembali ditutup karena adanya PPKM yang pernah diterapkan. 

Saat ini, Kantong Parkir Ngabean sudah dibuka kembali. Sejak memasuki era new normal pada tahun lalu, wisatawan sudah diperbolehkan masuk kembali ke Yogyakarta dengan mematuhi protokol kesehatan. Membaiknya kondisi dari waktu ke waktu, turut mengembalikan semangat Kantong Parkir Ngabean seperti sebelumnya. 

COMMENTS: (0)

Post You May Like