Star Glam Jogja :

Yuk, Kenali Jenis Serum Di Bawah Ini Sebelum Menggunakannya

#

Source: Freepik

Serum adalah salah satu produk yang ada dalam urut-urutan menggunakan skincare. Tapi, tahukah kamu, bahwa serum memiliki beberapa jenis dan kegunaan yang berbeda? Setiap serum mengandung bahan-bahan aktif yang berbeda untuk mengatasi setiap permasalahan kulit. 

Nah, ada beberapa maca serum yang bisa kamu ketahui fungsinya sebelum digunakan. 

Yuk, simak dulu di bawah ini!

Anti-Aging Serum


Source: Freepik

Serum ini berfungsi untuk melawan tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus, flek, dan kusam. Biasanya anti-aging serum mengandung retinol serta dilengkapo dengan zat lain, yaitu fruit stem cells, evening primrose, grape  seed extract, vitamin C, peptide, growth factors, juga AHA. Jadi, kalau kamu punya permasalahan dengan tanda penuaan, kamu bisa menggunakan anti-aging serum ini. 

Skin Brightening Serum


Source: Freepik

Serum ini memang dibuat untuk mencerahkan kulit. Tapi, yang perlu diingat adalah cerah bukan berarti putih. Biasanya, dalam serum ini terkandung vitamin E dan vitamin C. Ada juga yang menggunakan ekstrak bahan-bahan alami, misalnya saja akar licorice, gaprefruit, atau lemon. 

Di dalam skin brightening serum sering ditemui bahan-bahan masam yang berfungsi sebagai agen pencerah. Tidak jarang akan ada kojic acid atau ferulic acid dalam komposisinya. Selain bahan itu, pada serum sering ditambahkan light reflector atau optical diffuser yang dapat membuat kulit jadi glowing dan dewy

Acne Fighting Serum


Source: Freepik/smlubov

Bagi kamu yang punya masalah dengan jerawat, acne fighting serum bisa menjadi solusinya. Formula dari serum ini bertujuan untuk menyerap minyak berlebih, membersihkan serta mengencangkan pori-pori, dan menenangkan kulit dari iritasi juga inflamasi. Saat ini jenis serum seperti ini sudah banyak dijual di pasaran secara bebas.

Acne Fighting Serum biasanya mengandung beberapa bahan aktif. Serum yang baik untuk mengatasi jerawat adalah yang mengandung glycolic acid dan salicylic acid. Beberapa bahan alami juga sering kali ditambahkan pada serum jenis ini. Dalam komposisi biasanya akan ada bahan citric acid, zinc, atau ekstra tumbuhan seperti tea tree, green tea, dan  witch hazel

Hydrating Face Serum


Source: Freepik

Nah, serum ini mungkin biasa jadi solusi buat kamu yang punya masalah dengan kulit kering. Serum ini bisa melembabkan kulit tetapi bukan berarti bisa menggantikan fungsi dari pelembab. Kamu harus menggunakannya secara bersamaan agar dapat bekerja secara maksimal. Serum ini bisa meresap sampai ke lapisan terdalam dan memberikan kelembaban ekstra. Beberapa kandungan bahan yang sering ditemukan pada serum ini adalah argan oil, glycerin, hyaluronic acid, aloe vera, reship oil, ceramide, rosewater, sea kelp, jojoba, juga vitamin E. 

Exfoliating Face Serum


Source: Freepik

Jenis serum ini biasanya digunakan bagi orang yang sedang punya masalah dengan komedo atau kulit kusam. Produk ini bisa membersihkan kulit hingga pori-pori. Biasanya produk exfoliating face serum yang baik mengandung AHA, BHA, juga PHA. Exfoliating face serum dapat jadi solusi bagi pori-pori yang tersunbat kotoran. 

Repairing Face Serum


Source: Freepik

Serum ini digunakan bila kamu sedang melawan dengan berbagai keluhan seperti bekas jerawat, kulit menggelap karena paparan sinar matahari, juga flek. Banyak produk yang saat ini memiliki kegunaan sebagai repairing serum. Tapi, produk yang baik biasanya mengandung lendir siput. Selain itu, ada yang menggunakan ektrak seaweed, noni, green tea, ceramide, asam lemak omega-3, dan masih banyak jenis minyak esensial lainnya. 

Itulah beberapa jenis serum yang harus kamu ketahui sebelum menggunakannya. 

Kalau kamu, pakai yang mana?

COMMENTS: (0)

Post You May Like