Star Glam Jogja :

Jernihnya Sendang Sani yang Diselimuti Mitos

#

Source: Google/Cheeryl Sakha

Pati merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki banyak sekali objek wisata alam. Salah satu yang tidak boleh ketinggalan adalah Sendang Sani. Selain keindahan alamnya, objek wisata ini ternyata sarat akan cerita dibaliknya. Lokasi wisata ini ada di Tamansari, Pati, Pati, Jawa Tengah. 

Sendang Sani adalah objek wisata alam kolam dengan air yang jernih. Suasana di sini begitu sejuk karena banyak pohon hijau yang tumbuh mengelilinginya. Setiap hari, Sendang Sani ramai akan pengunjung. Tapi, akhir pekan memang selalu jadi waktu favorit untuk mengunjungi tempat ini. 

Di sisi lain indahnya lingkungan, Sendang Sani menyimpan mitos sendiri. Dikisahkan dahulu, Sunan Bonang bersama dua abdinya akan melakukan perjalanan menuju ke Pegunungan Muria untuk menemui Sunan Muria. Di tengah jalan, ketika merasa lelah dan haus, Sunan Bonang memerintahkan salah satu abdinya untuk mencari sumber mata air di pohon rindang. Beliau membekali sang abdi dengan tongkat saktinya. 

Singkat cerita, sang abdi sudah menemukan titik dimana akan ditancapkan tongkat sakit milik Sunan Bonang. Timbulah sumber air yang membentuk seperti kolam. Airnya begitu bersih dan jernih. Sang Abdi sampai tidak sabar untuk mencobanya. Padahal, hal tersebut adalah suatu tindakan tidak sopan karena mendahului gurunya. Sunan Bonang yang melihatnya begitu murka dan membuatnya menjadi seeokor bulus yang menjaga sendang tersebut. Sendang itu kemudian diberi nama Sendang Sani.

Dari sisi cerita yang menarik, masyarakat menjadi turut penasaran sehingga berbondong-bondong mengunjungi Sendang Sani. Ternyata, bukan hanya dari cerita, Sendang Sani memang punya panorama alam khas pedesaan yang menenangkan serta menyegarkan. Warga setempat juga ramah pada setiap pengunjung yang datang. 

Untuk menuju ke Sendang Sani, ada berbagai cara. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Akan tetapi, kendaraan umum juga tersedia. Kalau masih bingung, titik lokasi Sendang Sani sudah ada di peta online

Sebagai salah satu objek wisata yang ramai, beberapa fasilitas dibangun untuk memudahkan pengunjung yang datang. Misalnya saja area parkir yang cukup luas untuk menampung banyak kendaraan. Musholla dan kamar mandi juga sudah tersedia. Sendang Sani biasanya buka sejak pagi sampai sore hari. 

COMMENTS: (0)

Post You May Like