Star Glam Jogja :

Terlihat Sepele, Mencuci Muka Terlalu Sering Bisa Timbulkan Dampak Buruk, Apa Saja?

#

Source: Pinterest/Stylecrze

Mencuci muka tidak bisa dipisahkan dari rangkaian perawatan kulit. Malas mencuci muka dapat menimbulkan berbagai dampak negatif, seperti kulit berjerawat, kusam, dan lain-lain. Sebab, mencuci muka ini berfungsi untuk membersihkan wajah dari berbagai kotoran dan debu yang menempel pada kulit. 

Sayangnya, meskipun mencuci muka itu baik, tapi kalau dilakukan dengan sering juga akan berdampak buruk untuk kulit. Beberapa hal dapat terjadi bila kamu mencuci muka terlalu sering. Jadi, mencuci muka bisa jadi boomerang kalau tidak dilakukan dengan benar?

Dilansir dari beuatynesia.id, ini dia beberapa dampak dari seringnya mencuci muka. Yuk, simak!

Kulit Kering


Source: Pinterest/NET-AP

Dampak yang mungkin sering dirasakan karena terlalu sering mencuci muka adalah kulit kering. Tanda dari kulit kering ini adalah kulit menjadi kencang dan seperti tertarik. Kondisi ini disebabkan karena rusaknya lipid barrier akibat terlalu sering mencuci muka. 

Mencuci muka secara berlebihan dapat menghilangkan minyak alami yang sudah ada. Padahal, kulit yang sehat adalah kulit dengan lapisan minyak disertai kadar sebum dan hidrasi seimbang. Kulit yang kering dan tertarik bukanlah tanda kalau kulit itu sehat. 

Penuaan Dini


Source: Pinterest/AOL.com

Penuaan dini ada macamnya, termasuk diantaranya adalah keriput. Dan mencuci muka terlalu sering dapat menimbulkan keriput lebih cepat. Hal itu terjadi karena ketika usia bertambah, maka kelembaban kulit juga ikut berkurang. Kalau wajah dicuci terus menerus, bukan berarti tidak mungkin kelembaban wajah terkikis dan mengakibatkan kulit kering. Kulit kering inilah yang nanti akan membuat kulit mudah untuk berkeriput. 

Iritasi


Source: Pinterest/Womanindonesia.co.id

Setiap produk perawatan kulit memang sebaiknya digunakan seperlunya saja. Kalau dipakai terlalu sering justru akan membuat banyak keluhan lain muncul. Termasuk face wash, bila digunakan terlalu sering justru akan menghilangkan minyak alami wajah. Jadi, produk yang harusnya terhalang minyak, jadi ikut meresap dan menimbulkan alergi, ruam. hingga iritasi. 

Nah, itulah beberapa dampak buru karena terlalu sering mencuci muka. Memang, mencuci muka bisa dibilang hal yang sepele, tapi ternyata punya dampak yang tidak bisa dianggap enteng. Jadi, memang lebih baik untuk selalu perhatikan penggunaan produk sesuai porsinya.   

COMMENTS: (0)

Post You May Like