Star Glam Jogja :

Punya Maag Tapi Mau Ngopi, Ini Tipsnya Biar Tidak Kambuh

#

Source: Freepik/senivpetro

Kopi sekarang ini seolah menjadi satu kebutuhan bagi sebagian orang. Namun, minuman mengandung kafein ini memang dapat meningkatkan produksi asam lambung. Sehingga, tidak cocok sebenarnya bagi penderita maag.

Tenang saja, meskipun menderita maag, seseorang tetap diperbolehkan untuk minum kopi. Membuat takaran pas dan memilih kopi yang benar menjaid kunci untuk ngopi secara aman. Dikutip dari Hellosehat, beberapa tips di bawah ini bisa membantu untuk tetap ngopi, walaupun memiliki maag.

Memilih Kopi yang Rendah Asam


Source: Freepik/jannoon028

Tidak semua kopi memiliki rasa yang asam. Rasa asam pada kopi ini tergantung pada pengolahan terhadap biji kopi. Semakin lama kopi dipanggang, rasanya akan menjadi lebih asam dan lebih hitam.

Maka dari itu, bagi penderita maag, ada baiknya memilih kopi jenis arabika yang rasanya sedikit manis dan lebih lembut. Kafein pada kopi jenis arabika ini lebih rendah daripada robusta. Pilihlah kopi yang diolah menggunakan Teknik cold brew karena tingkat pH kopi ini lebih tinggi. Atau bisa juga menyeduh kopi dengan teknikidark roast atau ferementasi.

Menambahkan Susu

Source: Freepik/jcomp

Tips berikutnya untuk penderita yang ingin ngopi adalah dengan menambahkan susu pada kopi. Namun, susu yang harus digunakan adalah susu rendah lemak. Sebab, kandungan lemak pada susu full cream atau whole milk dapat melonggarkan cicintin oto kerongkongan bagian bawah. Pastikan juga kamu tidak memiliki alergi terhadap susu sapi.

Membatasi Porsi



Source: Freepik/rawpixel.com

Bagi pemilik maag, minum kopi sekali sehari saja sudah dirasa cukup. Jangan terlalu berlebihan karena ditakutkan akan menyebabkan asam lambung naik. Jangan sampai menuruti hawa nafsu untuk ngopi, kesehatan menjadi taruhannya.

Nah, itulah beberapa tips simple untuk ngopi bagi kamu yang menderita maag. Ngopi boleh saja tapi tetap harus sesuai dengan takaran dan porsi. Jangan berlebih bila tidak mau asam lambung naik atau lambung terluka.

COMMENTS: (0)

Post You May Like