Star Glam Jogja :

Bale Raos: Tempat Untuk Cicip Makanan Favorit Bangsawan Kraton Yogyakarta

#

Source: Google/Nina Path

Selain budaya, Yogyakarta adalah surganya kuliner. Kota yang dikenal dengan citarasa manis ini punya berbagai macam makanan khas dan kerap kali jadi buruan. Misalnya saja makanan yang disinyalir menjadi favorit Kraton Yogyakarta. 

Kalau kamu ingin mencicipinya, tidak perlu pusing-pusing. Di Yogyakarta ada sebuah restoran yang menyediakan menu-menu favorit Kraton Yogyakarta. Namanya adalah Restoran Bale Raos. Restoran ini berada di area Kraton Yogyakarta, tepatnya ada di Jalan Magangan Kulon Nomor 1, Panembagan, Kecamatan Kraton. 


Source: Google/Kuba Stanosz

Menu-menu yang disediakan di sini memang spesial dan cukup berbeda dari restoran kebanyakan. Restoran ini menyuguhkan aneka masakan yang disukai oleh bangsawan Kraton Yogyakarta. Pastinya diolah secara profesional agar rasa terjamin lezatnya. 

Ada banyak pilihan di sini. Kamu bisa mencicip seporsi nasi tradisional yang begitu menggoda. Nasi tradisional ini berisi nasi merah khas Wonosari, oseng daun pepaya, dan baceman. Kemudian elemen ini dipadukan dengan gecok ganem serta lombok kethok. Oseng daun pepaya adalah makanan favorit GKR Hemas. Sedangkan gecok ganem konon katanya merupakan  makanan favorit Sri Sultan Hamengku Buwana IX dan lombok kethom adalah favorit Sri Sultan Hamengku Buwana VII. Perpaduan dalam satu suapnya begitu menggugah lidah.


Source: Google/Ronald Liong

Bagi yang suka pedas, kamu bisa mencoba sayur klenyer. Sayur yang dimasak dengan santan ini berwarna oranye yang menandakan bahwa rasa yang akan diberikan peras. Sayur ini termasuk favorit keluarga Kraton Yogyakarta. 

Penampilan dari Bale Raos sendiri begitu kental dengan nuansa Jawa. Tempat makan berbentu pendopo dan semi terbuka, didominasi warna hijau tua. Ada dua tempat, masing-masing bisa diisi dengan 40 orang. 

Belum lagi adanya taman yang terawat. Beberapa unggah hias menyambut ketika pelanggan memasuki Bale Raos. Suasana yang begitu tenang akan terasa, meskipun kawasan ini termasuk ramai. 

Tertarik untuk mencoba?

COMMENTS: (0)

Post You May Like