Star Glam Jogja :

Selain Wortel, Ini Dia Beberapa Bahan Makanan yang Baik untuk Mata

#

Source: Freepik/master1305

Wortel adalah salah satu bahan makanan yang sampai saat ini dipercaya dapat membantu untuk menjaga kesehatan mata. Wortel memang kaya akan vitamin A yang baik untuk mata. Namun, kenyataannya, bukan hanya vitamin A saja yang bermanfaat untuk menjaga mata. Ada vitamin C, E, seng, lutein, zeaxanthin, serta asam lemak omega 3 turut serta dalam menjaga kesehatan mata.

Nah, di bawah ini, ada bahan makanan selain wortel yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Bahan-bahan di bawah ini mengandung berbagai nutrisi baik untuk mata, lho. Yuk, simak selengkapnya.

Sayur Hijau

Source: Freepik/Racool_studio

Sayuran hijau mengandung lutein serta zeaxanthin. Kedua nutrisi ini adalah karotenoid yang ditemukan pada retina. Kedua nutrisi ini bersifat antioksidan yang dapat membantu untuk menurunkan risiko serta katarak. Kandungan antioksidan ini dapat melindungi mata dari sinar matahari serta radikal bebas yang berbahaya. Beberapa sayuran yang mengandung lutein dan zeaxanthin tinggi ialah bayam, daun kale, sawi, brokoli, juga lobak hijau.

Telur

Source: Freepik/jcomp

Tidak hanya sayuran hijau, telur juga mengandung lutein, zeaxanthin, vitamin A, serta seng. Nutrisi-nutrisi ini tentunya baik untuk kesehatan mata. Lutein dan vitamin A berfungsi untuk melindungi mata dari kebutaan sata malam hari dan kekeringan. Sedangkan zeaxanthin, lutein, juga seng dapat meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi degenerasi macula.

Buah Sitrus dan Buah Berry

Source: Freepik/wirestock

Buah sitrus dan buah berry ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C ini adalah salah satu antioksidan yang dapat mengurangi degenerasi macula juga katarak. Jadi, memang disarankan untuk mengonsumsi jenis buah-buahan ini. Buah lain yang banyak mengandung vitamin C ialah papaya, tomat, kiwi, serta jambu biji.

Biji-bijian serta Kacang-kacangan

Source: Freepik/topntp26

Biji bunga matahari dan kacang almond adalah dua diantara banyaknya biji-bijian serta kacang-kacangan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Dalam biji matahari ditemukan kandungan vitamin E serta seng. Sedangkan pada kacang almon ditemukan kandungan Vvitamin E, seng, serta asam lemak omega-3.

Gandum

Source: Freepik/jcomp

Gandum atau biji-bijian utuh mengandung banyak nutrisi baik. Diantaranya vitamin E, seng, serta niasin atau vitamin B3. Makanan seperti ini mengandung indeks glikemik rendah yang mengurangi risiko degenerasi macula karena factor usia.  

Ikan

Source: Freepik/lifeforstock

Ikan mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh. Salah satu nutrisi yang terkandung pada ikan adalah asam lemak omega-3. Sudah diketahui bahwa asam lemak omega-3 bermanfaat untuk melindungi mata dari kekeringan, degenerasi macula, serta katarak. Selain itu, ternyata asam lemak omega-3 ini juga memiliki sifat anti peradangan. Beberapa ikan yang mengandung asam lemak omega-3 adalah salmon, tuna, sarden, juga makarel.

Nah, itulah beberapa makanan yang mengandung nutrisi baik untuk mata selain wortel.

Apakah kamu pernah mengonsumsi salah satu diantaranya?

Reference: hellosehat.com

COMMENTS: (0)

Post You May Like