Star Glam Jogja :

Ricuh, Semalam Babarsari Kembali Mencekam

#

Source: twitter.com/AkiraRukia

Kericuhan kembali terjadi di kawasan Babarsari, Sleman. Kejadian naas ini terjadi pada hari Senin siang, 4 Juli 2022. Diduga peristiwa ini dipicu karena adanya salah sasaran yang mengakibatkan seorang korban dengan luka berat. Aksi ini ada setelah keluar sebuah surat pemberitahuan dari organisasi pelajar serta mahasiwa Papua.

Babarsari yang memang biasanya memang selalu ramai akan lalu lintas, hari ini terasa mencekam. Pasalnya rombongan mahasiswa berbondong-bondong memenuhi ruas jalanan. Tepatnya di Jalan Seturan, banyak orang berjalan dengan penuh emosi serta membawa senjata.

Aksi yang berlangsung pada Senin pagi ini adalah bentuk dari kelanjutan kerusuhan yang terjadi di salah satu tempat karaoke di daerah Seturan. Kejadian itu bermula dari seorang pelanggan yang belum membayar biaya karaoke. Hingga akhirnya terjadi adu cek-cok antara kedua belah pihak.


Source: JPNN.com/IPMA

Tidak sampai disitu saja, pelanggan yang sebelumnya cek-cok tiba-tiba membawa massa dan merusak fasilitas umum tempat karaoke. Tindakan tersebut melukai salah seorang yang berada di sana. Korban yang merupakan mahasiswa dari Timika, Papua, mengalami luka berat pada tangan dan kaki karena sabetan. Saat ini korban masih menjalani perawatan secara intensif di Jogja International Hospital.

Kejadian pada beberapa hari silam sebenarnya sudah dilaporkan pada Polda DIY. Akan tetapi, belum ada hasil positif yang menunjukkan bahwa pelaku penganiayaan ditemukan dan ditangkap. Selanjutnya, Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMA) mengeluarkan surat pemberitahuan untuk berkumpul di Polda DIY guna meminta pertanggungjawaban. Surat pemberitahuan tersebut kini sudah tersebar melalui media sosial.

Sayangnya, aksi tersebut tidak berjalan mulus. Kerusuhan terjadi di sepanjang Babarsari. Partisipan aksi tersebut juga tidak segan untuk mengacungkan senjata tajamnya. Beberapa ruko di Seturan habis dibakar. Dan sekiranya ada 6 sepeda motor yang dibakar di jalanan. Sekitar 4 buah mobil pemadam kebakaran harus diterjunkan ke lokasi.


Source: twitter.com/humas_jogja

Himbauan untuk jangan melewati daerah Babarsari sudah disebarkan secara meluas. Memang benar, karena aksi tersebut jalan menjadi macet parah. Orang-orang yang bekerja di kawasan itu tidak bisa keluar dan pulang ke rumah. Kejadian ini meninggalkan trauma sendiri bagi masyarakat yang berada di sekitar sana. Aksi rusuh itu berakhir setelah polisi dan tentara datang mengamankan sekaligus olah TKP.

Sampai saat ini, belum ada titik terang mengenai penyelesaian masalah ini. Dilansir dari CNN Indonesia, pihak kepolisian masih bungkam akan kejelasan kasus yang bermula dari tempat karaoke tersebut. Meskipun saat ini kondisi sudah aman dan dapat dikendalikan.

Semalam, Sri Sultan Hamengku Buwana X, selaku gubernur DIY, telah berbicara. Dikutip dari @humas_jogja, hukum tetap berjalan dan aparat harus bertindak tegas pada pelanggar hukum. Bilapun nanti harus ada mediasi antara dua pihak, beliau siap menjadi mediatornya. 

Tagar Babarsari langsung ramai di media sosial, bahkan di Twitter menjadi trending. Kasus ini tentu disoroti oleh publik. Berbagai komentar menghampiri setiap unggahan mengenai aksi rusuh yang terjadi di Babarsari. Ada yang bilang, Babarsari kini telah berubah menjadi Gotham City hingga San Andreas.

COMMENTS: (0)

Post You May Like