Star Glam Jogja :

Hadapi Cuaca Dingin dengan Rempah Penghangat Tubuh di Bawah Ini, Yuk, Simak!

#

Source: Freepik/8photo

Musim kemarau sudah hampir tiba. Cuaca mulai mendingin pada beberapa daerah. Maka dari itu, menjaga tubuh untuk tetap hangat merupakan salah satu cara menjaga kesehatan. Memang ada banyak cara untuk membuat tubuh tetap hangat, misalnya membuat minuman herbal dari rempah-rempah tertentu.

Yuk, kenali rempah-rempah alami yang bisa menjadi penghangat tubuh!

Kapulaga

Source: Freepik/dashu83

Rempah-rempah yang satu berasal dari India dan Srilanka. Kapulaga ini mengandung cineol alami yang mampu meningkatkan suhu tubuh. Kapulaga ternyata juga dapat melancarkan lender di paru-paru dan melegakan pernapasan. Manfaat dari kapulaga yang lain ialah melancarkan pencernaan.

Kayu Manis

Source: Freepik/Racool_studio

Rempah yang satu ini memang kerap kali digunakan dalam sebuah olahan menu. Kayu manis berasal dari pohon Ceylon yang memiliki manfaat baik untuk tubuh. Diantaranya, kayu manis dapat mengencangkan selaput lendir. Hal tersebut mampu membuat suhu tubuh meningkat. Sifat antikoagulan alaminya juga dapat mengencerkan darah. Secara langsung, kayu manis dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Cabai Merah

Source: Freepik/dashu83

Cabai merah bisa dikonsumsi secara langsung maupun dibuat menjadi bubuk. Cabai rawit memiliki kandungan capsaicin yang memiliki sifat termogenik atau pembakar lemak. Kandungan lain yang terdapat pada cabai ialah vanilloid, yaitu membantu meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh.

Jahe

Source: Freepik

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa jahe memang sering dimanfaat untuk mengatasi beberapa masalah kesahatan, seperti mual, sakit perut, dan menghangat tubuh. Jahe mengandung gingerol yang akan memberikan efek panas. Selain itu, jaher juga meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Kunyit

Source: Freepik/stockimagefactorycom

Kunyit dikenal sebagai pewarna alami yang sering digunakan dari dulu hingga sekarang. Tidak hanya itu, kunyit juga kerap menjadi bahan baku untuk membuat jamu. Ternyata, kunyit memiliki manfaat untuk menormalkan sirkulasi darah, meningkatkan kesehatan pembuluh darah, dan meningkatkan suhu tubuh.

Itu dia beberapa rekomendasi rempah alami yang bisa dimanfaatkan sebagai herbal enghangat tubuh. Biasanya rempah-rempah ini dibuat menjadi jamu maupun minuman kering siap sedih. Tidak sulit untuk menemukannya di era digital.

Reference: Lifestyle.okezone.co

COMMENTS: (0)

Post You May Like