Star Glam Jogja :

Pura Mangkunegaran: Sebuah Mahakarya di Tengah Kota Solo

#

Source: SBP Bagus Painting

Jalan-jalan ke Kota Solo memang tidak ada habisnya. Banyak lokasi wisata yang wajib sekali dikunjungi. Salah satunya adalah Pura Mangkunegaran. Sebuah objek wisata sejarah yang berada di tengah Kota Solo. 

Pura Mangkunegaran merupakan sebuah istana yang memiliki arsitektur cantik. Keberadaan istana tak lepas dari Perjanjian Giyanti pada tahun 1755. Lokasi Pura Mangkunegaran ini ada di Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta. Tempatnya memang ada di pusat kota, tidak sulit menemukannya. 

Pura Mangkunegeran menyuguhkan keindahan arsitekturnya yang luar biasa. Pengunjung bisa berkeliling istana dan mengambil foto-foto pada spot mana saja. Pastinya spot yang memiliki izin untuk diambil gambarnya. Sebab, terkadang ada beberapa bagian yang tidak bisa dipublikasikan secara luas. Spot yang sering kali jadi latar foto adalah bagian depan kolam dengan patung yang nampak estetik.

Selain itu, jika ingin mengetahui bagaimana Pura Mangkunegaran berdiri, pengunjung bisa datang ke galeri. Terdapat sebuah galeri yang menyimpan benda-benda penuh cerita di sini. Pengunjung bisa mengeksplornya dari ujung ke ujung. 

Perpustakaan Pura Mangkunegaran juga cukup terkenal. Bukan hanya disambangi pengunjung, tapi budayawan hingga peneliti kerap kali datang kemari. Perpustakaan Pura Mangkunegaran memang cukup berbeda. Perpustakaan ini menyimpan ribuan naskah Jawa yang menarik perhatian. Sehingga, sering sekali orang-orang datang untuk membaca atau menelitinya.

Untuk memasuki area Pura Mangkunegaran ada biaya yang perlu dikeluarkan. Harga tiketnya adalah Rp 20.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 40.000 untuk wisatawan asing. Ditambah dengan biaya parkir. 

Mengunjungi Pura Mangkunegaran ini memang bisa dilakukan hampir setiap hari. Tetapi, usahakan kemari pada siang hari. Hal ini dikarenakan jam buka Pura Mangkunegaran hanya sampai  pukul dua siang saat hari biasa dan pukul satu siang saat akhir pekan. Jadi, jangan sampai kecewa ketika sampai sana justru tutup.

COMMENTS: (0)

Post You May Like