Star Glam Jogja :

Nyeri Pada Telinga, Hati-hati Bisa Jadi Si Kecil Tengah Infeksi

#

Source: Freepik/master1305

Sakit telinga merupakan hal yang biasa dan lumrah, terlebih bila terjadi pada anaka-anak. Namun, gejala dari sakit telinga, seperti pusing, kehilangan keseimbangan, telinga berdenging, mual, dan muntah, tidak bisa dibiarkan begitu saja. Orang tua harus sigao untuk mengetahui sakit yang dialami anak untuk menemukan pengobatan yang tepat. Penyebab paling umum dari sakit telinga sendiri adalah infeksi. Peradangan, maupun iritasi.

Secara umum, telinga manusia memiliki tiga bagian, yaotu bagian luar, bagian tengah, dan bagian dalam. Ketika telinga merasa nyeri, biasanya yang mengalamu masalah ialah pada bagfian dalam. Penyebab infeksi ini bisa terjadi karena bakteri, virus, atau bahkan penyakit lain.

Kondisi sakit telinga ini memang dapat memberikan rasa yang tidak nyaman, apalagi untuk anak-anak. Jika anak sudah mengalami kondisi seperti ini sebaiknya memang menemui dokter untuk memastikan telinga bagian mana yang mengalami masalah. Tindakan ini jauh lebih aman daripada menduga-duga sendiri.

Sebenarnya, kasus infeksi telinga bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi memang memerlukan waktu sedikit lebih lama. Jika sudah lebih dari satu minggu, sebaiknya memang harus dibawa ke ahlinya.

Pengobatan sakit telinga inipun akan menjadi berbeda-beda pada setiap pasiennya. Sebab, semua itu tergantung dari keluhan. Beberapa langkah sederhana, selain minum obat, mungkin bisa dilakukan untuk meringankan gejala.

Pertama, kompres telinga dengan air hangat. Kemudian mintalah anak untuk berdiri atau menjaga kepala tetap agar tekanan telinga lebih ringan. Cara lain untuk meringankan tekanan adalah dengan memberikan permen karet. Lalu, berikan air garam pada anak untuk berkumur. Air garam ini dapat memberihkan saluran eustachius dan meradakan sakit tenggorokan.

Reference: halodoc.com

COMMENTS: (0)

Post You May Like