Star Glam Jogja :

Waspada! 4 Hal Ini Bisa Menimbulkan Flek Hitam, Apa Saja?

#

Source: Freepik

Selain jerawat, ternyata flek hitam menjadi musuh tersendiri bagi sebagian besar orang. Flek hitam atau ephilis ini merupakan bintik-bintik pada wajah yang timbul karena adanya peningkatan melanin. Tidak hanya wajah, flek hitampun dapat muncul di area lain, seperti leher, dada, bahkan tangan. Warna yang berbeda, membuat flek hitam akan lebih terlihat. Maka dari itu, tidak keliru bila flek hitam dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Adanya flek hitam ini bisa terjadi karena banyak factor. Beberapa diantaranya, kerap kali dilakukan tanpa sadar. Oleh karena itu, kita harus turut waspada agar flek hitam tidak muncul pada permukaan kulit.

Dilansir dari Halodoc, ini dia hal-hal menimbulkan flek hitam.

Yuk, cek!

Ketidakcocokan Menggunakan Kosmetik

Source: Freepik

Produk kosmetik memiliki banyak macam dan kandungan. Produk dengan bahan kimia tertentu bisa memicu melanocyte untuk menghasilkan melanin. Bukan hanya itu saja, ada juga bahan kosmetik yang dapat menjadikan kulit lebih sensitive terhadap sinar matahari. Jadi, sebelum membeli ada baiknya untuk mengenali setiap komposisi dari produk tersebut.

Kurang Vitamin


Source: Freepik/jcomp

Asupan nutrisi berupa vitamin adalah hal yang wajib didapatkan setiap hari. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, melainkan juga kulit membutuhkan vitamin yang cukup untuk menghindari flek hitam. Seseorang yang kekurangan vitamin, pigmentasinya akan terlihat jelas. Jadi, pastikan tubuh mendapatkan asupan vitamin B12, K, dan vitamin E untuk cegah flek hitam.

Tidak Pakai Penutup Wajah

Source: Freepik/tirachardz

Ketika seseorang keluar dari rumah, berarti orang tersebut harus siap menghadapi apa saja yang akan ditemuinya, termasuk polusi udara. Polusi udara yang menerpa kulit untuk dapat menimbulkan iritasi dan merusak lapisan kulit. Hal ini jadi salah satu factor pemicu produksi melanin, lho. Maka dari itu, biasakanlah untuk menggunakan masker atau penutup wajah ketika berada di luar rumah.

Tidak Pakai Sunscreen

Source: Freepik/gpointstudio

Hal yang paling penting ketika keluar dari rumah untuk kulit adalah memakai perlindungan berupa sunscreen atau tabir surya. Paparan sinar matahari yang berlebih dapat menyebabkan noda hitam muncul pada wajah. Tidak hanya itu, sinar UV yang setiap hari menerpa kulitpun dapat menyebabkan kanker kulit dalam jangka panjang.

Nah, itu beberapa hal yang dapat menimbulkan flek hitam pada kulit. Selain itu, ada acara sederhana untuk mencegah flek hitam maupun menghilangkannya secara bertahap. Pertama, minum air putih yang banyak, lalu menggunakan tabir surya, dan terakhir jaga asupan yang masuk ke dalam tubuh.

COMMENTS: (0)

Post You May Like