Star Glam Jogja :

Nasi Grombyang: Nasi yang Tenggelam Dalamnya Kuah Kaldu Asli Pemalang

#

Source: instagram.com/dwiarifwicaksono

Pernah dengar nasi grombyang?

Jika kamu pernah mengunjungi Kota Pemalang di Jawa Tengah, pasti rasanya tidak asing dengan nama nasi grombyang. Kuliner legendaris ini sangat terkenal di sana. Saat ini, nasi grombyang sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh pemerintah setempat.

Nasi grombyang sendiri merupakan kuliner khas Pemalang. Nama grombyang berasal dari wujud makanannya yang memiliki komposisi unik. Dalam satu mangkuknya terdapat nasi dan kuah kaldu yang lezat. Namun, kuah ini lebih banyak porsinya dibanding nasi. Jadi, nasi seolah-olah akan mengapung di atas kuah. Hal ini sering dikatakan ‘grombyang’ oleh masyarakat Pemalang. Pemberian nama ini dianggap autentik karena kata grompbyang tidak banyak ditemui di luar daerah.

Kuah nasi grombyang sendiri dianggap sangan istimewa. Proses pembuatannya memang memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil yang luar biasa nikmat. Kuah nasi grombyang ini terbuat dari rempah-rempah khas Nusantara, seperti kluwak, lengkuas, jahe, kunyit, daun salam, kemiri, dan lain-lain. Untuk membuat kuah kaldu inipun dibutuhkan lemak daging. Kemudian ditambah dengan irisan daging sapi, taburan oncalng, dan daun bawpang, menjadikan sajian nasi grombyang jadi semakin menggiurkan.

Nasi grombyang ini sudah ada sejak lama. Tidak ada yang tahu pasti sejak kapan nasi grombyang muncul. Namun, konon katanya nasi grombyang sudah ada sejak tahun 1960-an. Hingga saat ini, nasi grombyang masih bida ditemui di warung-warung penjual nasi grombyang di Pemalang. Nasi grombyang sendiri sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tidak Tetap oleh pemerintah. Jadi, nasi grombyang kini semakin melekat dengan identitas Kota Pemalang.

COMMENTS: (0)

Post You May Like