Star Glam Jogja :

Kisah Ki Ageng Giring III dan Cikal Bakal Mataram Islam

#

Source: travellingyuk.com

Mataram Islam adalah kerajaan yang besar di Tanah Jawa. Cerita akan cikal bakalnya sudah tertulis dimana-dimana. Tumbuhnya kerajaan ini juga tidak lepas dari Ki Ageng Pemanahan dan KI Ageng Giring III.

Nama Ki Ageng Giring III menjadi salahsatu yang disebut dalam terbentuknya Mataram. Meskipun ceritanya hanya berkembang secara lisan, akan tetapi makamnya sudah ditemukan di daerah Paliyan, Gunungkidul. Makam sosok yang turut berjasa pada awal mula Mataram Islam ini bahkan selalu ramai dikunjungi peziarah pada Jumat Kliwon.

 KI Ageng Giring III adalah sahabat seperguruan dari Ki Ageng Pemanahan. Keduanya merupakan murid dari Sunan Kalijaga. Ki Ageng Giring III juga merupakan penerima wahyu dari terbentuknya Kerajaan Mataram Islam.

Diceritakan, Ki Ageng Giring III turut bertapa di kawasan Hutan Paliyan. Sedangkan saat itu, Ki Ageng Pemanahan bertapa di daerah Panggang. Kala bertapa, Ki Ageng Giring III mendapatkan wahyu berupa degan gagak emprit. Akan tetapi, degan gagak emprit ini justru diminum oleh Ki Ageng Pemanahan.

Rasa marah dan kecewa sempat dimiliki oleh Ki Ageng Giring III. Sebab, pada akhirnya, Mataram Islam mulai dibangun oleh Ki Ageng Pemanahan dengan membuka Alas Mentaok. Namun, beliau tetap merelakannya dengan ikhlas. Terdapat sebuah kesepakatan yang terjadi diantara keduanya, yaitu setelah keturunan raja ketujuh, maka yang akan berkuasa ialah keturunan Ki Ageng Giring III.

Sebenarnya, masih abu-abu kapan wafatnya KI Ageng Giring III. Makamnya sendiri ditemukan ketika diadakan babat alas atau membuka hutan untuk jalan. Di sana, ditemukan sebuah batu putih yang diyakini sebagai makam Ki Ageng Giring III.

Makam Ki Ageng Giring III kini sering sekali dikunjungi oleh masyarakat, baik yang ada kanan-kirinya atau dari luar daerah. Tidak jawing pula, kerabat dari Keraton Yogyakarta berziarah di makam Ki Ageng Giring. Malam Jumat Kliwon menjadi hari yang paling ramai, karena pada hari itu juga diduga sebagai hari ditemukannya makam Ki Ageng Giring III.

Reference: daerah.sindonews.com

COMMENTS: (0)

Post You May Like