Star Glam Jogja :

Jaga Imun Tubuh dengan Rempah Familiar yang Ada Di Dapur

#

Source: Freepik

Indonesia dikenal akan rempah-rempahnya sejak dulu kala. Rempah-rempah bukan hanya dimanfaatkan untuk olahan kuliner, melainkan juga dijadikan obat herbal untuk meningkatkan imun. Terlebih bila kondisi saat ini yang sedang tidak menentu, sangat disarankan mengonsumsi bahan-bahan yang memberikan dampak baik untuk tubuh.

Yuk, simak di bawah ini rempah-rempah apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga imun tubuh!

Jahe


Source: Freepik

Jahe adalah jenis rempah-rempah yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Jahe bersifat antiradang, antibakteri, serta banyak mengandung antioksidan. Jahe sudah sering sekali dijadikan berbagai olahan untuk pengobatan. Beberapa manfaat jahe untuk tubuh selain menambah imun ialah mengatasi masalah pencernaan dan melindungi tubuh dari racun maupun virus. Saat ini, olahan jahe sudah banyak sekali jenisnya. Selain dimasak secara utuh, jahe bisa dijadikan permen, serbuk minuman, hingga dicampur dengan bahan-bahan lain.

Kayu Manis


Source: Freepik/Racool_studio

Rempah kedua ialah kayu manis. Rempah yang satu ini juga dikenal memiliki manfaat untuk meningkatkan imun tubuh. Di samping itu, kayu manis ternyata punya manfaat lain untuk mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan metabolism, dan mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup dengan campurkan saja dengan minuman hangat atau taburkan di atas hidangan.

Cabai Rawit


Source: Asiatoday.id

Cabai rawit jadi rempah berikutnya yang memiliki manfaat untuk mengurangi risiko kematian akibat stroke atau serangan jantung. Cabai rawit mengandung banyak sekali vitamin, mineral, serta antioksidan. Akan tetapi, cabai rawit tidak baik dikonsumsi oleh pengidap masalah lambung. Manfaat baik dari cabai rawit sendiri bisa didapatkan dari mencampurkannya dalam hidangan makanan.

Kunyit

Source: Freepik/stockimagefactory

Rempah yang kerap kali digunakan sebagai pewarna kuning ini memang punya segudang manfaat. Kunyit dalah zat anti-indlamasi alami. Kunyit kerap kali digunakan sebagai obat untuk menurunkan risiko penyakit jantung, mencegah infeksi, melawan peradangan secara alami, juga merangsang produksi antioksidan. Kunyit dapat diaplikasikan dalam masakan atau mengolahnya menjadi jamu.

Bawang Putih



Source: Freepik/jcomp

Bawang putih pasti sangat familiar. Hampir di setiap masakan, rempah yang satu ini pasti digunakan sebagai bumbu. Di sisi lain, bawang putih memang mengandung zat-zat yang bermanfaat, seperti vitamin C, vitamin B6, dan mangan. Bawang putih dapat menambah imunitas tubuh serta mengatasi keluhan kesehatan lain, misalnya saja jamur.

Nah, itu dia beberapa rempah-rempah yang cukup familiar dan manfaatnya untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Apakah kamu pernah mengonsumsinya untuk kesehatan?

Reference: halodoc.com

COMMENTS: (0)

Post You May Like